Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Jamak dan Qhasar Untuk Mudik Lebaran

- 25 Februari 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi. Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Jamak dan Qhasar Untuk Mudik Lebaran.
Ilustrasi. Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Jamak dan Qhasar Untuk Mudik Lebaran. /Pexels /Alena Darmel

Literasi News - Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Suci Ramadhan, untuk itu kami disini akan membagikan bacaan niat dan tata cara sholat jamak dan Qhasar untuk mudik lebaran nanti.

Walaupun mudik, sholat wajib dijalankan, dalam hal ini Allah SWT memberi kemudahan kepada hambanya dengan memberi keringanan yaitu sholat jamak dan Qhasar.

Apa itu sholat jamak dan Qhasar? Sholat jamak adalah meringkas dua waktu sholat dalam satu waktu. Misalnya sholat dzuhur dikerjakan bersamaan dengan sholat ashar atau sebaliknya, begitu juga maghrib dengan isya. Sedangkan waktu subuh tidak ada jamak yang harus disempurnakan.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Akan Naik Derajatnya, Kekayaannya Berlimpah di Tahun 2023

Nah bagi yang sedang mudik, ada syarat-syarat sebelum diperbolehkan sholat jamak. Seperti minimal perjalanan sekitar 83 km. Selain itu perjalanannya tersebut bukan bertujuan untuk hal yang maksiat, dilakukan sholat jamak harus saat masih berada dalam perjalanan, dan dilakukan setelah keluar dari batas tempat awal.

Nah berikut ini adalah Tata Cara Sholat Jamak:

Ada dua jenis sholat jamak dan qashar. Untuk sholat jamak yakni jamak taqdim dan jamak takhir, begitu juga sholat qashar.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Sabtu 25 Februari 2023: Ada Ameena Ulang Tahun, Mega Film Asia, 2 Live Liga 1

1. Jamak Taqdim

Jamak taqdim adalah meringkas atau mengerjakan 2 sholat fardhu sekaligus di waktu sholat yang pertama yaitu sholat dzuhur dan ashar dikerjakan saat waktu dzuhur. Sholat maghrib dan isya dikerjakan saat waktu maghrib.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x