Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rasulullah SAW

- 25 Februari 2023, 08:53 WIB
Ilustrasi, Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rasulullah SAW.
Ilustrasi, Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rasulullah SAW. /Pixabay/

Literasi News - Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang memiliki arti sholat malam. Untuk itu sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari.

Malam hari pada waktu sholat tahajud ini maksudnya adalah sepertiga malam sampai waktu menjelang subuh. Sepertiga malam adalah sekitar pukul 1.00 sampai 4.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam dan waktu pelaksanaannya setelah bangun dari tidur di malam hari. Namun sebagian ulama berpendapat bahwa sholat tahajud boleh dilakukan tidak harus tidur dulu. Andaikan pada waktu malam hari, Anda belum tidur dan ingin melaksanakan sholat tahajud juga tidak apa-apa.

Baca Juga: Sejarah dan Tujuan GP Ansor, Banom NU yang Didirikan oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah

Sebelum mengulas tentang cara sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda memahami dulu mengenai sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat Sunah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam secara rutin, dengan melakukan tata cara dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya akan semakin sempurna.

Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang menunaikan Sholat Tahajud. Karena menurut para ulama ketika sholat malam hari dengan suasana sunyi akan semakin khusuk dan semakin dekat dengan Allah Swt di dalam sholatnya.

Baca Juga: Doa Ketika Hujan Lebat, Arab Latin Dengan Artinya

Berikut bacaan niat sholat tahajud:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x