Berikut Penyebab Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha Tidak Sah, Simak Penjelasannya

- 5 Juli 2022, 08:34 WIB
Berikut Ini yang Membuat Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha Tidak Sah, Simak Penjelasannya
Berikut Ini yang Membuat Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha Tidak Sah, Simak Penjelasannya /

Literasi News - Menyembelih Hewan Kurban Pada Saat Idul Adha, Biasa Dilakukan Setelah Salat Id. Apabila menyembelih hewan kurban sebelum waktunya, maka tidak sah dan wajib menggantinya.

Dalil mengenai waktu menyembelih hewan kurban sebagai berikut: Hadits Al-Bara` bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى صَلاَتَنَا وَنَسَكَ نُسُكَنَا فَقَدْ أَصَابَ النُّسُكَ وَمَنْ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُعِدْ مَكَانَهَا أُخْرَى

“Barangsiapa yang salat seperti salat kami dan menyembelih hewan kurban seperti kami, maka telah benar kurbannya. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum salat maka hendaklah dia menggantinya dengan yang lain.” (HR. Al-Bukhari no. 5563 dan Muslim no. 1553)

Baca Juga: Arti Kurban Secara Harfiah, dan Latar Belakang Idul Adha Saat Nabi Ibrahim Diperintahkan Menyembelih Putranya

Hadist senada juga datang dari sahabat Jundub bin Abdillah Al-Bajali radhiyallahu ‘anhu riwayat Al-Bukhari (no. 5500) dan Muslim (no. 1552). Hadits Al-Bara` riwayat Al-Bukhari (no. 5556) dan yang lainnya tentang kisah Abu Burdah radhiyallahu ‘anhu yang menyembelih sebelum salat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

شَاتُكَ شَاةُ لَحْمٍ

“Kambingmu adalah kambing untuk (diambil) dagingnya saja.”

Dalam lafadz lain (no. 5560) disebutkan:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x