Berikut Keutamaan Ibadah Puasa Sunnah Sembilan Hari Menjelang Idul Adha, Pahala Berlipat Ganda, Dosa Dihapus

- 2 Juli 2022, 10:40 WIB
Ilustrasi: Keutamaan Ibadah Puasa Sunnah Sembilan Hari Menjelang Idul Adha, Pahala Berlipat Ganda, Dosa Dihapus
Ilustrasi: Keutamaan Ibadah Puasa Sunnah Sembilan Hari Menjelang Idul Adha, Pahala Berlipat Ganda, Dosa Dihapus /freepik

Literasi News - Ibadah puasa sunnah sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah, menjelang hari H Idul Adha memiliki keutamaan, di antaranya mendapat pahala berlipat ganda dibanding ibadah di bulan lain, hingga Dosa dosa dihapus.

Rasulullah ﷺ bersabda,   مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ  

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah puasa sunnah selain sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi).

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini, 2 Juli 2022: Aku Bukan Wanita Pilihan Tak Tayang, Junior MasterChef, Idola Cilik

Dilansir Literasinews dari laman islam.nu.or.id, maksud sebanding dengan satu tahun puasa pada hadits di atas adalah satu tahun puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan (Mula al-Qari’, Mirqâh al-Mafâtîh, juz 3, h. 520).

Puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) dapat menghapus dosa selama dua tahun. Rasulullah ﷺ bersabda:   صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ  

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR Muslim).

Baca Juga: Jadwal Acara MNCTV Hari Ini, Sabtu 2 Juli 2022: Ada Nikah Gratis Sah, Suparman Reborn, dan Kuraih Bintang 2

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus oleh puasa Arafah adalah dosa kecil (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113).

Keutamaan lain dari puasa sunnah sembilan hari menjelang Idul Adha, berupa pembebasan dari siksa neraka. Termasuk keutamaan hari Arafah yakni Allah SWT lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari ini dibanding hari-hari lain.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x