Doa Buka Puasa Ramadhan dan Waktu Terbaik serta Tepat Membacanya

- 17 April 2022, 17:45 WIB
Ilustrasi.Doa Buka Puasa Ramadhan pada Waktu Terbaik dan Tepat Membacanya
Ilustrasi.Doa Buka Puasa Ramadhan pada Waktu Terbaik dan Tepat Membacanya /Pexels @Thirdman

Literasi News - Waktu yang paling dinanti-nanti ketika menjalankan puasa Ramadhan salah satunya yaitu buka puasa. Simak doa buka puasa Ramadhan dalam artikel ini.

Agar puasa menjadi tidak sia-sia maka ketika waktunya berbuka perlu diakhiri dengan cara yang benar. Makanya penting umat Islam tahu seperti apa bacaan doa buka puasa ramadhan yang benar dan waktu yang terbaik serta tepat untuk membacanya.

Membaca doa sebelum buka puasa Ramadhan sama halnya dengan kita mengucap rasa syukur karena Allah telah memberikan kekuatan terhadap kita setelah sehari menahan diri dari haus dan lapar.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1, Persib Bandung Resmi Lepas Deden Natshir

Selain itu, membaca doa buka puasa sangatlah dianjurkan. Karena buka puasa adalah waktu yang istimewa sehingga doa kita tidak akan tertolak. Jadi sangat disayangkan jika kita melewatkan kesempatan berharga itu.

Lantas bagaimana bacaan doa buka puasa Ramadhan yang tepat dan terbaik itu? Sebaiknya kapan doa buka puasa itu dibaca? Simak ulasannya berikut ini.

Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim serta Abu Daud menyebutkan bahwa ada dua versi doa buka puasa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini bacaannya:

Baca Juga: Peringati Harlah ke- 62, PMII Universitas Galuh Ciamis Bagikan Kumpulan Ucapan dan Doa

1. Doa Berbuka Puasa Ramadhan Menurut HR Bukhari dan Muslim
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Allahumma laka shumtu wa bikaa amantu wa'alaa rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah