Bacaan Doa Malam Nuzulul Quran 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

- 11 April 2022, 19:06 WIB
Ilustrasi : Bacaan Doa Malam Nuzulul Quran 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi : Bacaan Doa Malam Nuzulul Quran 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Bacaan doa menyambut malam Nuzulul Quran ada tiga yang bisa dipanjatkan. Paling utama adalah doa agar mendapat syafaat dari Al-Quran. Kemudian doa memohon ampunan untuk kedua orang tua dan memohon ampunan untuk diri sendiri.

Malam Nuzulul Quran adalah malam pertama kali Kitab suci Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW. Momen istimewa ini jatuh tepat di malam ke-17 Ramadan. Inilah yang membuat bacaan doa menyambut malam Nuzulul Quran wajib diketahui dan diamalkan.

Pada malam Nuzulul Quran, malaikat jibril mengirimkan wahyu kitab suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Ini yang menjadikannya sebagai peristiwa dan sejarah besar bagi seluruh umat muslim.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Kopassus 2022, Berikut Cara Pasangnya

Dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 185 diterangkan dengan jelas bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Mengenai hal ini hampir semua ulama memiliki kesepakatan yang sama.

Ini yang membuat setiap tanggal 17 Ramadhan merupakan momen penting dalam sejarah Islam, selain berlangsungnya perang Badar.

Adapun surat pertama yang diturunkan adalah Al-Alaq. Begitulah seterusnya Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur hingga yang terakhir adalah ayat dari surat Al-Maidah selama kurun waktu 22 Tahun 2 bulan 22 hari.

Baca Juga: Download Gratis Twibbon Malam Nuzulul Quran 1443 H, Cocok Buat Dibagikan Ke Media Sosial

Ada beberapa bacaan doa Nuzulul Quran yang dapat dibaca dan diamalkan. Berikut ini bacaan doa Nuzulul Quran yang wajib untuk diketahui.

1. Doa Memohon Syafaat saat Memperingati Nuzulul Quran
اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x