4 Keutamaan Tadarus Al-Quran Pada Bulan Ramadhan

- 14 April 2022, 04:15 WIB
Ilustrasi tadarus Al-Qur'an
Ilustrasi tadarus Al-Qur'an /pexels.com/Tayeb MEZAHIDA

Literasi News - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim, karena pada bulan Ramadhan ini, mempunyai banyak sekali keberkahan dan pahala yang tentunya berlipat ganda.

Pada bulan Ramadhan ini, umat Islam akan berlomba-lomba dalam kebaikan, ada banyak cara untuk mendapatkan kebaikan salah satunya adalah dengan Tadarus Al-Quran.

Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Al-Quran juga menjadi bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Nabi Muhammad SAW, sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Baca Juga: 6 Keutamaan Nuzulul Quran di Malam ke 17 Bulan Ramadhan

Berikut 4 keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan:

1. Pahala yang berlipat ganda

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan.

Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf," (HR.At-Tirmidzi).

Sementara bagi umat Islam yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an, Allah SWT tetap berikan dua pahala.

Rasulullah SAW bersabda, "Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala," (HR. Bukhari Muslim).

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x