Gus Baha Jelaskan Albarzanji Itu Sejarah, Bukan Mantra

- 6 April 2022, 17:54 WIB
Gus Baha Jelaskan Albarzanji Itu Sejarah, Bukan Mantra
Gus Baha Jelaskan Albarzanji Itu Sejarah, Bukan Mantra /Tangkap Layar/You Tube/Eling Gusti

Literasi News - KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha tegaskan bahwa orang yang membaca albarzanji itu bukan perbuatan jelek. Karena albarzanji itu isinya tarikh atau sejarah.

"Tapi sekarang pecintanya Kanjeng Nabi rata-rata tidak pintar. Yang penting sholawatan barzanji keras kalau disebut bid'ah marah gitu terus kegiatannya," kata Gus Baha dalam video yang diupload di akun YouTube Sekolah Akhirat.

Baca Juga: Gus Baha Ngomong Soal Syekh Siti Jenar, Ini Pendapatnya

Gus Baha menyampaikan, albarzanji berisi tarikh atau sejara. Karenanya Gus Baha memastikan tidak ada persoalan dengan orang Islam yang membaca sejarah Nabinya sendiri.

"Nah, yang bilang bid'ah sama saja sholawatan itu baca tarikh. Ketika Nabi dalam kandungan 2 bulan bapaknya meninggal itu kan tarikh (sejarah)," ujar Gus Baha seraya membacakan albarzanji dengan tulisan arab.

Dengan mimik senyum dan sedikit tertawa, Gus Baha meyakini saat ada perdebatan soal pembacaan tarikh nabi karena minimnya pengetahuan.

"Yang baca sama saja tidak paham. Gara-gara dibaca Bahasa Arab lalu seperti mantra, nah akhirnya dianggap bid'ah. Yang baca sama saja tidak paham," ujar Gus Baha.

Baca Juga: Gus Baha Ungkap Yahudi Itu Nama, Jangan Gagal Paham

Lebih lanjut dia menyampaikan, agar tidak dianggap bid'ah dolalah, diterjemahkan saja dengan bahasa Indonesia lalu dibaca.

"Repot pusing sampai mikirnya saya. Yang bid'ahkan tulis saja Bahasa Indonesia nanti kelihatan tidak bid'ah," jelas Gus Baha.***

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x