Gus Baha Ngomong Soal Syekh Siti Jenar, Ini Pendapatnya

- 6 April 2022, 12:15 WIB
Gus Baha Ngomong Soal Syekh Siti Jenar, Ini Pendapatnya
Gus Baha Ngomong Soal Syekh Siti Jenar, Ini Pendapatnya /*/ Instagram.com/ @ulama.nusantara//

Literasi News - KH Ahmad Bahauddin atau yang akrab disapa Gus Baha ngomong soal Syekh Siti Jenar. Hal itu disampaikan ya saat menjelaskan soal sejarah bangsa Yahudi yang bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

"Misalnya seperti Siti Jenar, kita kan tidak pernah tahu Siti Jenar persisnya seperti apa," kata Gus Baha yang merupakan kyai kondang di tanah air melalui akun YouTube Sekolah Akhirat.

Baca Juga: Gus Baha Ungkap Yahudi Itu Nama, Jangan Gagal Paham

Dia menyampaikan, kebanyakan dalam buku buku sejarah ditulis sebagai tokoh yang menyampaikan faham wahdatil wujud. Karena dianggap menyimpang maka Wali Songo mengadili Syekh Siti Jenar.

"Semua nulis misalnya dia wahdatil wujud akhirnya dia tersangka wahdatil wujud manunggaling kaula gusti," ujar Gus Baha.

Tapi bagi penggemar Syekh Siti Jenar, dia merupakan panutan, bahkan termasuk bagian dari wali namun Wali Songo hasut dan diadili.

"Tapi ada juga penggemarnya Siti Jenar Siti Jenar itu jadi wali lalu walisongo hasut. Setelah dibunuh wangi, supaya kelihatan jeleknya diganti anjing, jadi yang kelihatan jelek itu walisongo di versi penggemar Siti Jenar," beber Gus Baha.

Baca Juga: Pegawai yang Kerja Bulan Ramadhan Boleh Tidak Puasa, Berikut Penjelasan Buya Syakur

Karenanya sebelumnya Gus Baha menyampaikan, harus hati-hati membaca sejarah. Karena sekali yang menulis salah selamanya jadi salah.

"Maka sejarah itu sekali yang nulis salah tetap selamanya korbannya ya salah," ujar Gus Baha.***

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x