Tata Cara Puasa Ramadhan yang Baik dan Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

- 5 April 2022, 02:35 WIB
Tata Cara Puasa Ramadhan yang Baik dan Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW.
Tata Cara Puasa Ramadhan yang Baik dan Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW. /Pexels/Engin Akyurt

Literasi News - Menjalankan ibadah puasa dibulan suci ramadhan yang baik dan benar tentu kita harus mencontoh cara rasulullah SAW dalam puasa bulan ramadhan.

Karena Rasulullah SAW merupakan contoh yang paling baik dan benar untuk seluruh umat muslim. Semakin kita dapat menyesuaikan cara kita berpuasa dengan tuntunan beliau Rasulullah SAW, maka semakin tinggi nilai-nilai pahala kita disisi Allah SWT.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini akan sedikit merangkum tentang tata cara puasa ramadhan yang baik dan benar dari Rasulullah SAW.

Baca Juga: Tata Cara Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Sebenarnya tata cara mengerjakan puasa ramadhan sangat sederhana sekali, bahkan beliau jika ingin berbuka hanya dengan makan kurma dan minum air putih saja. Adapun hal-hal maupun tata cara berpuasa yang baik dapat anda simak dibawah ini:

1. Bersahur

Apabila hendak ingin mengerjakan puasa di bulan ramadhan, bagi yang menjalankan dianjurkan untuk makan (sahur). Makan sahur tersebut lebih baik ketika waktu menjelang masuk imsak kurang lebih 15 menit sebelum waktu subuh.

Apabila belum berniat, maka segeralah berniat disaat hendak ingin makan dengan cara membaca doa niat puasa, dan jangan makan terlalu kenyang.
Sesudah makan sahur tunggulah waktu
sholat subuh tiba, sambil mengamalkan dengan membaca kitab suci Al-Qur'an.

2. Waktu Puasa

Terbit fajar mulailah berpuasa dengan
menahan lapar serta haus, selain itu juga menahan segala perbuatan yang tidak baik yang mendatangkan dosa maupun merusak pahala ramadhan sampai terbenam matahari (adzan mahgrib).

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x