Tata Cara Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

- 5 April 2022, 00:18 WIB
Ilustrasi puasa.
Ilustrasi puasa. /chiplanay/Pixabay

Literasi News - Dalam pelaksanaan amalan berpuasa kita sebagai umat islam harus memperhatikan kaifiat atau tata cara yang baik dan benar sesuai dengan apa yang di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ada beberapa kaifiat atau tata cara Rasul dalam melaksanakan Berpuasa diantaranya:

1. Dimulai dengan berniat untuk berpuasa baik dalam ucapan maupun perbuatannya. Untuk puasa wajib seperti bulan Ramadhan niat tersebut dilaksanakan sebelum fajar terbit.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions 6-7 April 2022 Live SCTV, Ada Siaran Langsung Benfica vs Liverpool (Perempat Final)

Dan dalam amalan berpuasa Sunnah dibolehkan berniat setelah fajar menyunting.

2. Tertera didalam alquran surat ke 2 AL-BAQARAH:187 yang menjelaskan tentang waktu, pelaksanaan amalan berpuasa yakni dimulai setelah fajar terbit sampai datangnya keindahan malam.

3. Kita harus melakukan sahur, selain merupakan Sunnah Rasul, makan sahur juga dapat menjaga kestabilan dan ketahanan tubuh kita saat berpuasa dan akan mendatangkan kebarakahan ketika berpuasanya.

4. Umat islam harus memperhatikan suatu hal perkara yang dapat menjadikan puasa kita batal. Diantaranya: muntah, makan dan minum dengan sengaja pada waktu berpuasa.

Baca Juga: 10 Amalan Saat Puasa Ramadhan untuk Menambah Pahala

5. Kita harus menjaga amalan puasa itu dengan tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak baik atau tidak senonoh seperti berkata kotor, keji, dusta dan membuat orang lain sakit sampai mengeluarkan amarah emosional orang lain.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah