Hindari Kesalahan dalam Mencuci Tangan, 6 Hal Ini Wajib Diketahui

- 14 November 2020, 20:45 WIB
Ilustrasi:  Teladani kebiasaan sehat Rasulullah bisa terhindar dari Covid-19, salah satunya dengan mencuci tangan
Ilustrasi: Teladani kebiasaan sehat Rasulullah bisa terhindar dari Covid-19, salah satunya dengan mencuci tangan /(Pikiran-rakyat.com)

Literasi News - Cuci tangan adalah salah satu aktivitas penting. Karena tangan mengambil banyak peran dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai bakteri dan virus bisa menempel di tangan kita kapanpun dan di manapun. Oleh karenanya, menjaga kebersihan tangan menjadi hal yang perlu kita perhatikan.

Namun, cuci tangan juga ada tata caranya loh. Tidak hanya menggunakan air namun juga perlu memerhatikan komponen dan tata cara lainnya. Jangan sampai proses cuci tangan kita terkesan asal-asalan bahkan dikategorikan salah cuci tangan sehingga masih menyisakan banyak bakteri atau kuman.

Apalagi jika kita hendak makan, menyentuh barang atu melakukan kontak dengan rekan yang lain dalam kondisi tangan yang kotor. Dikutip literasinews dari Instagram @jabarprovgoid, berikut beberapa kesalahan-kesalahan dalam mencuci tangan yang mungkin belum kita sadari:

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022, Brazil masih Sempurna, Uruguay dan Chile Menang

1. Terburu-buru.
Aktivitas yang padat atau bahkan kurangnya edukasi mengenai cuci tangan membuat seseorang melakukan cuci tangan dengan terburu-buru. Ini merupakan salah satu hal yang salah dan harus kita rubah dalam kebiasaan mencuci tangan.

Cuci tangan yang terburu-buru tidak akan bisa membersihkan tangan secara efektif. Karena bakteri atau virus tidak akan mati seluruhnya. Jadi berapa lama waktu yang efektif untuk mencuci tangan? Idealnya 20 detik adalah waktu efektif yang harus kita luangkan dalam mencuci tangan ya sobat.

2. Hanya saat ke kamar mandi.
Kebiasaan cuci tangan hanya saat berada di kamar mandi juga konsep pemikiran yang kurang tepat ya sobat. Karena, mencuci tangan sebaiknya dilakukan secara berkala sepanjang hari. Apalagi jika kita melakukan banyak aktivitas dan memungkinkan banyak melakukan kontak dengan rekan, keluarga, barang-barang pribadi atau fasilitas publik, serta hewan peliharaan.

Baca Juga: Sortir & Lipat Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Dimulai, Target 3 Hari Tuntas

3. Hanya bersihkan telapak tangan.
Mungkin anggapan kita selama ini mencuci tangan hanya terfokus pada telapak tangan, padahal virus bisa menempel di bagian tangan manapun loh. Maka mulailah membersihkan tangan secara menyeluruh.

4. Tangan Tidak dikeringkan secara maksimal.
Saat mencuci tangan usahakan keringkan tangan kita secara maksimal terlebih dahulu. Hindari mengeringkan tangan dengan pakaian atau kain wastafel yang dipakai berkali-kali apalagi jika kain wastafel tersebut disimpan pada ruang publik, sehingga memungkinkan beberapa orang untuk mengeringkan tangannya dengan kain yang sama.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah