Kalau ke Bandung Belum Lengkap Kalau Belum Coba Jajanan Gurih-gurih Kenyal Ini

- 2 November 2020, 06:00 WIB
/

Literasi News - Aci atau yang lebih dikenal dengan tepung tapioka merupakan bahan makanan yang bisa di buat apa saja. Di Bandung, Aci sangat menarik perhatian karena hadir dalam setiap olahan makanan cemilan.

Banyak sekali cemilan di Bandung yang menggunakan bahan utama dari Tepung Sagu, apa saja makanan tersebut?

  1. Cilok

Cilok singkatan dari (Aci dicolok), dicolok sendiri merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti ditusuk. Cilok sejenis bakso, namun berbahan dasar Aci, dan bisa ditambahkan dengan berbagai jenis isian, seperti daging ayam, abon, dan tetelan.

Seiring perkembangan zaman, varian cilok di Bandung berbeda-beda, dari mulai cilok kering hingga cilok kuah. Cilok tidak hanya jadi makanan favorit anak muda saja, tapi orangtua dan anak kecilpun suka, dengan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang cocok dilidah siapa saja.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Oleh-oleh Khas Majalengka Yang Bisa Dijadikan Referensi

  1. Cilor

Cilor singkatan dari (Aci Telur), cilor merupakan bakso cilok yang dimasukkan ke dalam adonan telur yang sudah dikocok, kemudian di goreng sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang gurih dan lezat, cilor biasanya dinikmati dengan saus sambal.

  1. Cilung

Cilung singkatan dari (Aci digulung), cilung merupakan Aci yang tidak dibentuk seperti bakso, melainkan dengan bentukan panjang mengikuti arah tusukan, tekstur cilung lebih encer dari olahan Aci lainnya, karena dengan tekstur seperti itu, cilung dapat dengan mudah digulung di wajan dengan minyak panas.

Cilung ada sedikit tambahan telur didalamnya, agar gurih dan tidak hanya Aci saja yang terasa di lidah. Cilung dinikmati dengan toping kacang tanah ataupun saus sambal.

Baca Juga: Kesadaran dan Disiplin Wisatawan Menerapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah