Panik Saat Kulit Tersayat? Atasi dengan Tanaman 'Betadin', Lukamu Segera Sembuh

- 30 September 2020, 09:31 WIB
Tanaman betadin (jatropha muitifida linn) kini mulai dilirik dunia medis sebagai bahan baku obat (Foto: LiterasiNews)
Tanaman betadin (jatropha muitifida linn) kini mulai dilirik dunia medis sebagai bahan baku obat (Foto: LiterasiNews) /

LiterasiNews - Insiden luka, apakah tergores atau kena sayatan, kapan dan di manapun kadang terjadi pada diri kita. Rasa perih dan darah yang menetes tentu akan cukup merepotkan, apalagi dibayangi dengan risiko infeksi sangat memungkinkan terjadi.

Ketika insiden seperti itu terjadi, apa yang Anda pikirkan? Rupanya bayangan Anda langsung tertuju pada betadine, obat medis berwarna merah untuk menyembuhkan luka, terutama untuk menghidandari infeksi.

Namun, bagaimana jika betadine atau obat sejenis lainnya tidak ditemukan atau persediaan di kotak P3K sudah habis? Anda punya obat alternatifnya?...hmmm, belum tentu ada.

Maka penting untuk menanam tanaman betadin sebagai alternatif pengganti Betadine, obat tetes yang Anda butuhkan. Tanaman betadin merupakan jenis tanaman berakar tunggang, berdaun hijau cerah dengan berbentuk jari jemari bergerigi mirip daun pepaya tetapi lebih ramping, berbunga merah cerah dan buahnya yang berbentuk oval.

Betadin merupakan nama yang paling populer untuk tanaman ini karena sesuai dengan fungsi betadine obat produk farmasi, yang sama-sama bermanfaat untuk mengobati luka.

Dikutip LiterasiNews dari laman khasiat.id pada judul artikel 60 Khasiat dan Manfaat Daun Betadine untuk Kesehatan, di beberapa daerah tanaman ini juga dikenal dengan nama pohon yodium, jarak cina, jarak tintir gurita, dan balacai batai.

Sedangkan nama ilmiah tanaman betadin ini disebut Jatropha mulitifida Linn yang sangat mudah tumbuh di dataran tinggi atau rendah. Ia gampang beradaptasi di lahan sempit sekalipun seperti dalam pot di sekitar rumah.

Tanaman obat Jatropha mulitifida Linn mungkin pernah Anda jumpai, apakah di semak atau di halaman rumah orang lain karena selain getahnya yang berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka, juga daun dan bunganya yang menarik.tanaman betadin

Sangat mudah cara memanfaatkan tanaman ini untuk penyembuhan luka, semudah penggunaan betadine obat medis. Abmil patahan batang, biarkan sampai getah berwarna bening dan kental keluar, lalu oleskan pada luka.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x