Di Tengah Kondisi Makin Sulit Dampak Pandemi, Abah Ishak Tetap Bertahan Jadi Perajin Wayang Golek

- 18 November 2020, 11:30 WIB
Abah Ishak Tetap Bertahan Jadi Perajin Wayang Golek Meski kondisinya makin sulit
Abah Ishak Tetap Bertahan Jadi Perajin Wayang Golek Meski kondisinya makin sulit /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Pandemi Covid-19 yang masih menerpa negeri ini sangat berdampak pada persoalan sosial masyarakat. Tak terkecuali bagi Ishak Suhendar, seorang pengrajin wayang golek di Desa/Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ishak Suhendar yang akrab disapa Abah Ishak ini telah lama dikenal sebagai pembuat wayang, sejak tahun 1980 ia sudah menjadi pengrajin wayang golek. Dari keahliannya, telah ribuan tokoh wayang dihasilkannya. Bahkan, hasil karya seninya itu tak hanya diminati masyarakat lokal tapi juga luar negeri.

Namun kondisi pandemi yang melanda hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia membuat usahanya tak seramai dulu. Malahan saat ini sudah tak ada pemesanan wayang yang diterimanya. Namun kecintaannya terhadap seni pewayangan tak menyurutkan Abah Ishak untuk terus berkarya dan berinovasi.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol, Brazil Kokoh Dipuncak Klasemen, Ecuador Menang Besar

Di teras rumahnya yang jauh dari kata layak, dengan menggunakan limbah dari berbagai jenis kayu yang didapat dari hutan di sekitar tempat tinggalnya, Abah Ishak terus berinovasi membuat wayang golek dengan berbagai tokoh dan karakter.

"Tak hanya dalang dan masyarakat, turis mancanegara pun banyak yang membeli untuk koleksi atau dijadikan cenderamata. Tapi sekarang, sudah sangat jarang ada yang pesan," kata Abah Ishak, kepada wartawan, Rabu 18 November 2020.

Abah Ishak tetap bertekad untuk terus melestarikan seni pewayangan yang saat ini sudah hampir terlupakan, terutama oleh generasi muda.

Baca Juga: Sebanyak 832 Guru dan Tenaga Kependidikan Agama Budha non-PNS akan Dapat Bantuan Subsidi Gaji

"Minat masyarakat terhadap wayang golek mulai menurun, bahkan peminat malah semakin berkurang. Wayang golek tersebut merupakan warisan budaya yang turun temurun sehingga wajib untuk terus dilestarikan," ujarnya.

Wayang golek hasil karya Abah Ishak itu dibanderol dengan harga beragam mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta. Bahkan, Abah Ishak juga membuat miniatur wayang golek yang dibanderol mulai dari Rp50 ribu hingga Rp300 ribu.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x