OJK Dukung Merger Bank Syariah, Tingkatkan Efisiensi dan Daya Saing

- 13 Oktober 2020, 19:34 WIB
Tangkapan layar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis 1 Oktober 2020
Tangkapan layar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis 1 Oktober 2020 /ANTARA/Dewa Wiguna

Literasi News - Rencana Kementerian BUMN untuk melakukan merger atau penggabungan tiga bank BUMN syariah mendapat dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bank syariah dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yang akan digabung yaitu PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Bank BNI Syariah dan PT Bank Syariah Mandiri.

Dukungan OJK tersebut disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Jakarta, Selasa 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Bagi yang akan Daftar Menjadi Penilik, Siapkan Persyaratan Administrasi dan Dokumen Ini

Sebelumnya, Senin 12 Oktober tiga bank Himpunan Bank Negara (Himbara) menandatangani Conditional Merger Agreement (CMA) terkait rencana penggabungan bank umum syariah bersama tiga bank syariah milik Himbara.

"OJK mendukung upaya merger dan akuisisi di industri perbankan nasional. Ini akan meningkatkan efisiensi dan daya saing sesuai tujuan OJK untuk membangun industri perbankan yang sehat, memiliki daya saing dan bisa memberikan kualitas layanan lebih baik serta memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan ekonomi," kata Wimboh dikutip dari laman kantor berita antara.

Menurut dia, OJK telah menerima informasi awal dan akan memfasilitasi dengan berbagai kebijakan dan ketentuan agar aksi korporasi tersebut berjalan sesuai dengan tahapan waktu yang direncanakan.

Baca Juga: KPU Cianjur Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020

"Penggabungan tiga bank BUMN Syariah ini juga sejalan dengan upaya Indonesia menjadi sentra pengembangan keuangan syariah yang saat ini peringkat Indonesia sudah berada di posisi empat besar berdasarkan Islamic Finance Development Indicator," ujarnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x