Badai PHK Melanda Indonesia, Pemerintah Siapkan Beberapa Langkah, Ini Kata Menkeu Sri Mulyani

- 25 November 2022, 09:28 WIB
Ilustrasi korban PHK.* Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sedang melanda Indonesia saat ini.
Ilustrasi korban PHK.* Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sedang melanda Indonesia saat ini. /Indonesiabaik.id/

Literasi News - Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sedang melanda Indonesia saat ini.

Akibat semakin beratnya beban usaha, banyak perusahaan yang akhirnya menyerah dan memilih melakukan PHK terhadap karyawannya.

Terkait hal itu, pemerintah berupaya melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi dampak akibat PHK tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan pihaknya akan mempertimbangkan pemberian bantuan untuk mengatasi permasalahan itu.

"Kami akan melihat instrumen mana yang bisa dibantu dan siapa yang harus dibantu, apakah korporasi-nya atau buruh-nya," ungkap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers: APBN KITA November 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta.

Baca Juga: Aktivitas Kegempaan Darat di Pulau Jawa Bagian Barat Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Geolog

Namun, untuk membuat bauran kebijakan dalam mengatasi badai PHK tersebut, Menkeu akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan berbagai pihak, yaitu Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Jika memang nanti buruh yang terkena atau terancam PHK yang diberi bantuan, akan dipertimbangkan apakah bantuan berasal dari Kemenaker atau BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara jika korporasi yang diberi bantuan, akan dipertimbangkan apa akan kembali diberikan penundaan atau pengurangan pembayaran pajak penghasilan (PPh) 25.

Sri Mulyani menjelaskan fenomena badai PHK antara lain terjadi karena pengendalian permintaan ekspor, terutama tekstil dan produk tekstil serta alas kaki, dari beberapa negara maju dengan kenaikan suku bunga acuan yang agresif.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x