Lawan Pinjol Ilegal, Rachmat Gobel: Perkuat PNM dan Koperasi

- 6 November 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi berutang. Pinjol ilegal  telah banyak menyulitkan masyarakat kecil dan semakin merisaukan. Rachmat Gobel minta perkuat PNM dan koperasi.
Ilustrasi berutang. Pinjol ilegal telah banyak menyulitkan masyarakat kecil dan semakin merisaukan. Rachmat Gobel minta perkuat PNM dan koperasi. /freepik.com/rawpixel.com /

Literasi News - Pinjaman online atau pinjol ilegal yang marak akhir-akhir ini telah banyak menyulitkan masyarakat kecil dan semakin merisaukan.

Menyikapi kondisi itu, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengungkapkan bahwa negara harus hadir, antara lain dengan memperkuat PT Permodalan Nasional Madani atau PNM dan koperasi.

Rachmat Gobel mengakui, maraknya pinjol karena rakyat kecil butuh uang cepat, mudah, dan dekat. "Jadi negara harus bisa menghadirkan lembaga keuangan yang bisa seperti itu. Bagaimana solusinya? Kita kuatkan PNM dan koperasi," kata mantan Menteri Perdagangan itu, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu 6 November 2021.

Rachmat Gobel yang juga Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) itu, mengakui banyak rakyat kecil yang terjerat pinjol ilegal dengan bunga mencekik dan teror, sehingga Polri turun tangan dengan mulai menangkap pengelola pinjol ilegal.

Baca Juga: Tiga Tips Sukses Berusaha Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno Berbagi Pengalaman

Sesuai data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saat ini ada 107 pinjol legal dan 3.365 pinjol ilegal yang sudah ditutup. Namun sebagian server pinjol ilegal ini berada di luar negeri dan bisa dengan mudah muncul lagi dengan nama yang berbeda.

Oleh karena itu, menurut Rachmat Gobel, selain menutup website pinjol ilegal, pemerintah juga menindak pengelolanya secara pidana.

"Kita apresiasi atas semua langkah yang telah dilakukan OJK, Polri, dan pemerintah atas semua langkah yang telah dilakukan," ujarnya.

Meskipun demikian, tutur dia, selain tindakan represif juga harus ada tindakan kuratif. "Harus ada solusi untuk menyelesaikan akar masalahnya secara cepat, mudah, dan mendekat,” katanya.

UMKM

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x