Kopti Cianjur Dapat Kuota 5,7 Ton Kacang Kedelai, Dijual Lebih Murah dari Harga Pasaran

- 14 Januari 2021, 11:23 WIB
Kopti Cianjur mendapat jatah Kuota 5,7 Ton Kacang Kedelai Impor  subsidi dari pemerintah sehingga bisa dijual Lebih Murah dari Harga Pasaran
Kopti Cianjur mendapat jatah Kuota 5,7 Ton Kacang Kedelai Impor subsidi dari pemerintah sehingga bisa dijual Lebih Murah dari Harga Pasaran /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Kopti) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mendapat alokasi stok kacang kedelai impor sekitar 5,7 ton yang di jual bawah pasaran saat ini. Langkah itu sebagai upaya pemerintah mengendalikan harga kacang kedelai impor yang akhir-akhir melonjak signifikan.

Ketua Kopti Kabupaten Cianjur, Hugo Siswaya, mengatakan dalam operasi pasar itu kacang kedelai impor di jual di kisaran Rp8.500 per kilogram.

Saat ini, lanjut Hugo, harga komoditas kacang kedelai impor yang merupakan bahan baku utama pembuatan tahu dan tempe di kisaran Rp9.200 per kilogram.

Baca Juga: Bayern Munich Tersingkir dari Piala Jerman atau DFB Pokal, Ditaklukan Holstein Kiel Klub Divisi dua

"Ini langkah pemerintah, melalui Kementerian Pertanian dalam upaya langkah-langkah cepat penanganannya, seperti penanaman kedelai serta mengumpulkan para importir," kata Hugo, kepada wartawan, Kamis 14 Januari 2021.

Hugo menuturkan, kebutuhan kacang kedelai di Kabupaten Cianjur rata-rata sebanyak 300 ton per bulan atau 10 ton per hari.

Dengan upaya Kementerian Pertanian mengumpulkan para importir itu berbuah hasil positif. Para importir mendistribusikan stok kacang kedelai yang mereka punya untuk dijual ke para perajin tahu dan tempe.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Innalillahi, Syekh Ali Jaber Wafat

"Alhamdulillah, Kabupaten Cianjur kebagian stoknya. Ada subsidi dari pemerintah sehingga harganya bisa lebih murah dari pasaran," terang Hugo.

Hugo menuturkan naiknya harga komoditas kacang kedelai saat ini karena dipicu perdagangan global. Artinya, harga komoditas kacang kedelai di tingkat dunia pun naik. "Situasi dan kondisinya secara umum memang seperti itu," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x