Cek Segera, Enam Bansos ini akan Disalurkan Awal Januari 2021 Ini, di antaranya Ada BLT

- 3 Januari 2021, 16:40 WIB
Kementerian Sosial dipastikan mulai menyalurkan bansos awal Januari 2021
Kementerian Sosial dipastikan mulai menyalurkan bansos awal Januari 2021 /[email protected]

Literasi News - Pemerintah telah memastikan melanjutkan program perlindungan sosial Tahun 2021. Malahan di bulan Januari ini ada beberapa program bantuan sosial atau bansos yang mulai disalurkan, di antaranya BLT.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setidaknya ada enam program bantuan pemerintah yang sudah pasti dilanjutkan dan mulai disalurkan di bulan Januari 2021. Keenam bantuan pemerintah tersebut sebagai berikut :

1. Program kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
2. Program Keluarga Harapan (PKH)
3. Bantuan Sosial Tunai (BST)
4. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa
5. Program Kartu Prakerja
6. Diskon listrik

Baca Juga: Pemerintah Menghapus Formasi CPNS Guru? DPR RI Kaget karena Tak Pernah Ada Pembahasan

Presiden Joko Widodo seusai rapat terbatas yang membahas persiapan penyaluran bantuan sosial akhir tahun mengatakan pada APBN 2021, anggaran sebesar Rp110 Triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Dari sejumlah anggaran tersebut, Presiden merinci di antaranya Rp45,1 Triliun disiapkan untuk program kartu sembako. Targetnya Kartu Sembako ini akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan.

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 Triliun dialokasikan untuk 10 juta KPM dan disalurkan selama empat triwulan. Selanjutnya, bansos tunai atau BST, pemerintah telah menyiapkan Rp12 Triliun bagi 10 juta KPM dan masing-masing akan menerima Rp300 ribu selama empat bulan.

Baca Juga: Ada Keringanan Tunggakan BPJS Kesehatan,Download Dulu Aplikasinya Dengan Cara Ini

“Program kartu prakerja disiapkan Rp10 Triliun, Lalu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Rp14,4 triliun. Ditambah lagi dengan diskon listrik Rp3,78 Triliun,” lanjutnya.

Sementara itu, Kementerian Sosial memastikan kelanjutan program bantuan sosial di tahun 2021. Tiga di antaranya sudah dipastikan bakal disalurkan pada awal bulan ini, tepanya mulai 4 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x