Bocoran, 6 Bantuan Pemerintah Ini Disalurkan Bulan Januari 2021, Diantaranya BLT

- 1 Januari 2021, 14:25 WIB
Ada enam bantuan pemerintah yang dilanjutkan dan disalurkan januari 2021
Ada enam bantuan pemerintah yang dilanjutkan dan disalurkan januari 2021 /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Tahun 2021, Pemerintah telah memastikan melanjutkan program perlindungan sosial. Malahan di bulan Januari ini akan ada beberapa program yang mulai disalurkan, salah satu di antaranya Bansos berupa Bantuan Langsung Tunai.

Setidaknya ada enam program bantuan pemerintah yang sudah pasti dilanjutkan dan mulai disalurkan Januari 2021. Keenam bantuan pemerintah tersebut yakni :

1. Program kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
2. Program Keluarga Harapan (PKH)
3. Bantuan Sosial Tunai (BST)
4. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa
5. Program Kartu Prakerja
6. Diskon listrik selama enam bulan

Baca Juga: Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan, Setelah Sepekan Berlangsung Tak Membuahkan Hasil

Kepastian itu disampaikan Presiden Joko Widodo melalui laman resmi Sekretariat Kabinet RI, usai rapat terbatas Akhir tahun kemarin. Ia mengatakan pada APBN 2021, anggaran sebesar Rp110 Triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Dari sejumlah anggaran tersebut, Presiden merinci di antaranya Rp45,1 Triliun disiapkan untuk program kartu sembako. Targetnya akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan.

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 Triliun bagi 10 juta KPM selama 4 triwulan. Selanjutnya, bansos tunai pemerintah menyiapkan Rp12 Triliun bagi 10 juta KPM, masing-masing Rp300 ribu selama 4 bulan.

Baca Juga: Jadwal Liga Jerman 2021, Bundesliga Pekan ke 14. Ini Jadwal dan Siaran Langsung di NET TV - Mola TV

“Program kartu prakerja Rp10 Triliun, bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Rp14,4 triliun. Ditambah dengan diskon listrik selama 6 bulan ini Rp3,78 Triliun,” lanjutnya.

Sementara itu, Kementerian Sosial memastikan kelanjutan program bantuan sosial. Tiga di antaranya sudah dipastikan bakal disalurkan pada awal Januari 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x