BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Laut Aceh Capai 4 Meter, Nelayan Dihimbau Untuk Waspada

- 1 Agustus 2023, 21:59 WIB
BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Laut Aceh Capai 4 Meter, Nelayan Dihimbau Untuk Waspada
BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Laut Aceh Capai 4 Meter, Nelayan Dihimbau Untuk Waspada /

Literasi News- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi tinggi gelombang laut di wilayah perairan laut Aceh yang mencapai 4 meter, sehingga masyarakat terutama nelayan, diimbau untuk lebih waspada saat melaut.

BMKG menjelaskan, gelombang laut yang mencapai 4 meter atau lebih dalam tiga hari ke depan meliputi perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, serta Samudera Hindia Barat Aceh dan sekitarnya.

Sedangkan untuk penyeberangan perairan Sabang-Banda Aceh tinggi gelombang laut hingga 1,25 meter, sedangkan penyeberangan perairan Meulaboh-Kepulauan Sinabang potensi tinggi gelombang laut hingga 2,50 meter.

Baca Juga: Info BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang, Rabu 2 Agustus Agustus 2023

“Masyarakat serta nelayan diimbau agar berhati-hati jika beraktivitas terutama melaut,” kata Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Miftahul Jannah di Banda Aceh, Selasa.

“Untuk penyeberangan Banda Aceh-Sabang masih kategori tenang hingga sedang, namun agar berhati-hati bagi yang ingin menyeberang apabila terjadi hujan lebat dan juga angin kencang,” ujarnya.

Dari sisi kecepatan angin di wilayah Aceh, lanjut dia, rata-rata antara 15-25 km/jam. Kendati demikian, perlu juga diwaspadai adanya potensi angin kencang yang dapat mencapai 30 km/jam atau lebih untuk wilayah paling barat Indonesia itu.

Baca Juga: Info BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Rabu 2 Agustus 2023

BMKG menambahkan, saat ini terpantau adanya belokan angin dan juga konvergensi di wilayah Aceh, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin sehingga kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Tanah Rencong.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x