Tol Cisundawu Resmi Akan Segera dibuka, Bandung - Cirebon Cuma 1,5 Jam

- 8 April 2023, 20:06 WIB
Tol Cisundawu Resmi Akan Segera dibuka, Bandung - Cirebon Cuma 1,5 Jam.
Tol Cisundawu Resmi Akan Segera dibuka, Bandung - Cirebon Cuma 1,5 Jam. /

Literasi News – Pemerintah bakal membuka Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisundawu) secara fungsional pada 15 April 2023 mendatang guna mendukung mudik lebaran tahun ini. Dengan begitu, pemudik yang mengarah ke Cirebon dari Bandung bisa full menggunakan tol Cisundawu.

Akibatnya beroperasinya tol ini, waktu tempuh pun bisa semakin cepat. Jika semula Bandung-Cirebon membutuhkan waktu sekitar 3 jam menggunakan jalan nasional, maka saat ini bisa terpotong setengahnya.

"Melalui pengoperasian beberapa ruas dan ditambah fungsional dibuka 1 Jalur full lajur, estimasi waktu tempuh perjalanan +- 1,5 jam dari Bandung ke Cirebon," kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono,Pada Kamis 6 April 2023.

Baca Juga: Ribuan Ikan Mati di Sungai Cileungsi Bogor Diduga Akibat Pencemaran Limbah B3

Tol tersebut tersambung penuh sepanjang 95, 7 Km. sehingga nantinya untuk perjalanan mudik dari tol Cipali bisa langsung menerus hingga kawasan Cileunyi hingga Dawuan.

"Tol Cisumdawu ini legendaris karena baru akan selesai nanti pertengahan tahun. Tetapi 15 April ini kita tembus dari Cileunyi sampai Cipali," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa 4 April 2023.

Diketahui tol Cisumdawu yang dibuka secara fungsional berada pada seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), seksi 5 Legok - Ujungjaya (14,9 km) dan seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6 km).

Sedangkan sebelumnya seksi 1 - 3 sudah beroperasi sebagian yakni dari seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km), seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 km), dan seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 km) sejak Desember 2022.***

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x