Tol Cisumdawu Bandung-Kertajati Resmi Beroperasi 15 April 2023, Berikut Penjelasan Menhub

- 24 Maret 2023, 22:13 WIB
Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung hingga Bandara Internasional Kertajati resmi beroperasi mulai 15 April 2023.
Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung hingga Bandara Internasional Kertajati resmi beroperasi mulai 15 April 2023. /Armin Abdul Jabbar/"PR"

Literasi News - Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung hingga Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, resmi beroperasi mulai 15 April 2023.

Kepastian mulai beroperasinya Tol Cisumdawu itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan pers selepas rapat terbatas persiapan arus mudik di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Meskipun demikian, Menhub mengaku bahwa kebijakan fungsional Tol Cisumdawu tersebut berada di tangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tetapi fungsional hampir bisa dipastikan, tentu nanti ada dinamika mundur 1-2 hari itu ada," kata Menhub, seperti dilansir Literasinews dari Antara.

Baca Juga: Alhamdulillah, Kemenag Cairkan Rp381 Miliar BOP untuk 28.841 Raudlatul Athfal di Seluruh Indonesia

Bandara Kertajati

Selain bisa dimanfaatkan untuk menunjang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Menhub menjelaskan bahwa pihaknya memiliki kepentingan lain atas operasional Tol Cisumdawu yakni untuk meningkatkan volume Bandara Kertajati.

Menhub mengaku sejak awal telah ditugasi Presiden Joko Widodo untuk mendukung Bandara Kertajati sebagai alternatif dari bandara internasional di Indonesia. Sedangkan di Jawa Barat diketahui Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, memiliki landasan yang terbilang pendek.

"Sekarang ini Kertajati dengan panjang kurang lebih 3.000 meter dan dibuktikan bahwa pesawat kargo Antonov bisa mendarat di sana," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x