Cuaca Ekstrim, Sejumlah Kabupaten/Kota di Jabar Status Siaga, Ancaman Bencana Berpotensi Hingga Akhir 2022

- 14 Oktober 2022, 20:26 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrim:  Sejumlah Kabupaten/Kota di Jabar Status Siaga, Ancaman Bencana Berpotensi Hingga Akhir 2022
Ilustrasi cuaca ekstrim: Sejumlah Kabupaten/Kota di Jabar Status Siaga, Ancaman Bencana Berpotensi Hingga Akhir 2022 /Portal Bandung Timur/hp siswanti/

Literasi News - Dampak cuaca ekstrim, ada sejumlah kabupaten/kota di Jabar telah menerapkan status siaga bencana. Sebagian lagi, daerah dengan risiko kebencanaan lebih rendah, menerapkan status waspada bencana.

Saat ini hampir tiada hari tanpa hujan. Cuaca basah terekam di sejumlah daerah Indonesia sejak awal Oktober 2022. Kemudian menjelang  pertengahan Oktober, curah hujan semakin tinggi. Ancaman bencana hidrometeorologi berpotensi sampai akhir 2022.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari mewanti-wanti, sejumlah daerah di wilayah Jabar yang rentan menghadapi bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Australia 2022 di Trans7 15-16 Oktober 2022: Catat Jam Tayang Kualifikasi-Live Race MotoGP 2022

"Untuk status siaga itu banyaknya di bagian barat dan selatan Jawa Barat. Seperti Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Pangandaran, juga Bandung,’’ ungkap Indra Gustari.

"Level waspada ada di Sumedang dan sebagian pesisir utara Jabar,’’ tambah Indra, dilansir literasinews dari laman presidenri.go.id.

Menurut Indra, Wilayah Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, hingga Kabupaten dan Kota Bogor sepanjang 2022 diguyur curah hujan tinggi, dan tidak sempat ada jeda musim kemarau.

Baca Juga: Daftar Nama Pemenang AMI Awards 2022 Ditayangkan RCTI: Ada Tulus, Yura Yunita, Isyana Sarasvati, Elvi Sukaesih

“Kondisi ini berbeda dari dengan pesisir utara, yang curah hujannya rendah di 2022," kata Indra pula.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengingatkan ancaman bencana hidrometeorologi berpotensi akan berlanjut sampai akhir 2022. Kejadiannya terekam di banyak lokasi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x