Desa Tangguh Bencana Harus Menjadi Program Prioritas Pemerintah Daerah

- 17 Januari 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa yang mengguncang Banten pada 14 Januari 2022 lalu.* Desa Tangguh Bencana harus menjadi program prioritas dari pemerintah daerah (pemda). Berikut penjelasan dari Pakar.
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa yang mengguncang Banten pada 14 Januari 2022 lalu.* Desa Tangguh Bencana harus menjadi program prioritas dari pemerintah daerah (pemda). Berikut penjelasan dari Pakar. /Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO

Literasi News - Pemerintah daerah (pemda) harus terus mengintensifkan program mitigasi melalui pembentukan desa tangguh bencana.

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr. Indra Permanajati, menjelaskan, pembentukan desa tangguh bencana pada tahun 2022 ini harus menjadi program prioritas dari pemerintah daerah, melalui badan penanggulangan bencana di masing-masing wilayah.

Koordinator Bidang Bencana Geologi Pusat Mitigasi Unsoed tersebut mennyebutkan, pembentukan desa tangguh bencana perlu diprioritaskan untuk wilayah-wilayah yang rawan bencana.

"Karena dengan program desa tangguh bencana akan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Peningkatan kapasitas ini akan memberikan dampak terhadap upaya pengurangan risiko bencana," ujarnya di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin 17 Januari 2022.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,4 Guncang Sukabumi Jawa Barat, Simak Penjelasan BMKG

Dia mengatakan, program mitigasi atau pengurangan risiko bencana membutuhkan peran aktif masyarakat agar dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Selain itu, Indra Permanajati mengingatkan agar pemetaan potensi bencana hingga tingkat kecamatan atau bahkan tingkat desa perlu terus diperkuat pada 2022 ini.

"Pemetaan potensi bencana sangat diperlukan guna mendukung upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana dan mengidentifikasi kerentanan wilayah," ujarnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x