Achmad Yurianto, Mantan Jubir Penanganan Covid-19 Meninggal Dunia

- 21 Mei 2022, 23:37 WIB
Achmad Yurianto, mantan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dikabarkan meninggal dunia.
Achmad Yurianto, mantan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dikabarkan meninggal dunia. /Instagram @yurianto_achmad/

Literasi News - dr Achmad Yurianto (60), mantan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dikabarkan meninggal dunia Sabtu 21 Mei 2022 malam, di Malang, Jawa Timur.

Kabar duka itu disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. "Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah, dr Ahmad Yurianto pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 18.58 WIB, di RSUD Syaiful Anwar Malang," kata Kepala Biro Humas Kemenkes Widyawati yang dikonfirmasi di Jakarta.

Dia menjelaskan, jenazah Achmad Yurianto dibawa ke kediaman Jalan Ir Soekarno 31 Kota Batu.

"Semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Aamiin ya rabbal alamin," katanya.

Sebelumnya, Achmad Yurianto dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) akibat kanker usus.

Baca Juga: Indonesia Sedang Proses Transisi Dari Pandemi Menuju Endemi, Menkes: Dilakukan Secara Bertahap

Selain pernah menjabat Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto juga diketahui menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Sekretaris Direktorat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan Achmad Yurianto wafat karena menderita kanker usus stadium akhir.

"Almarhum wafat karena kanker usus, lalu stadium akhir. Jadi banyak komplikasinya," kata Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi Antara.

Nadia mengatakan salah satu komplikasi yang dialami almarhum adalah multiple stroke hingga perlu menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak pertengahan April 2022.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemenkes Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x