Waspada Gelombang Tinggi Laut Selatan Jawa Barat Hingga DIY, BMKG: Bisa Mencapai 4 Meter

- 25 Januari 2022, 16:25 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi laut. BMKG: waspada gelombang tinggi laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, yang bisa mencapai 4 meter.
Ilustrasi gelombang tinggi laut. BMKG: waspada gelombang tinggi laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, yang bisa mencapai 4 meter. /Pexels/Sascha Thiele

Literasi News - Masyarakat di wilayah pesisir Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau pelaku pelayaran harus mewaspadai gelombang tinggi laut yang mencapai 2,5-4 meter.

Menurut Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, gelombang laut tersebut masuk kategori tinggi.

Dia menjelaskan, peningkatan tinggi gelombang laut itu dipengaruhi oleh kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan Indonesia.

"Dalam hal ini, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot," kata Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa 25 Januari 2022, seperti dilansir Antara.

Adapun di wilayah Indonesia bagian selatan, menurut dia, dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Disebutkan, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa dan perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY yang berlaku pada tanggal 25-26 Januari 2022 dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," tuturnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Selasa 25 Januari 2022, BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Teguh Wardoyo menyebutkan, wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi (2,5-4 meter) meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selain itu, Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x