Prakiraan Cuaca Hari Ini Selasa 25 Januari 2022, BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

- 25 Januari 2022, 09:53 WIB
Ilustrasi hujan lebat. Prakiraan cuaca hari ini Selasa 25 Januari 2022. BMKG memperingatkan masyarakat agar waspada hujan lebat disertai angin kencang.
Ilustrasi hujan lebat. Prakiraan cuaca hari ini Selasa 25 Januari 2022. BMKG memperingatkan masyarakat agar waspada hujan lebat disertai angin kencang. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Prakiraan cuaca hari ini Selasa 25 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan agar masyarakat waspada potensi hujan lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan informasi BMKG yang dilansir Antara, wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang antara lain di Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kondisi cuaca serupa terjadi antara lain di Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Kemudian di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

BMKG melaporkan adanya bibit siklon 91W di utara Indonesia, tepatnya di sekitar Samudra Pasifik barat sebelah timur Filipina bagian selatan atau di 8.3°LU 128.0°BT, berdampak pada kondisi cuaca.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Seksi 1 Resmi Beroperasi, Gratis Dua Pekan Ini, Selanjutnya Dikenai Tarif Rp1.000 Per Kilometer

Keberadaan bibit siklon tropis 91W tersebut, dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah perairan Laut Sulu, Laut Sulawesi dan perairan sebelah utara Maluku Utara.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluens tersebut yang terbentuk di wilayah perairan," ujarnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x