Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Melonjak Menjadi 1.400 Orang, Simak Penjelasan Menkes

- 19 Januari 2022, 14:38 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Kasus harian Covid-19 di Indonesia melonjak menjadi 1.400 orang saat ini. Sejak awal tahun, kasus harian Covid-19 terus meningkat.
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Kasus harian Covid-19 di Indonesia melonjak menjadi 1.400 orang saat ini. Sejak awal tahun, kasus harian Covid-19 terus meningkat. /Tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden

Literasi News - Kasus harian Covid-19 di Indonesia melonjak menjadi 1.400 orang saat ini. Sejak awal tahun, kasus harian Covid-19 terus meningkat. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat memantau kegiatan vaksinasi di Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu 19 Januari 2022.

"Untuk kasus yang terbanyak berada di Jakarta. Namun, untuk Kalbar masih belum ditemukan," kata Menkes, seperti dilansir Antara.

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, varian Omicron sudah masuk dan kenaikan kasusnya cukup cepat, namun tingkat masyarakat yang masuk rumah sakit dan meninggal angkanya sangat rendah.

"Salah satu sebabnya karena sudah banyak masyarakat kita yang sudah divaksin, masyarakat menyikapi ini jangan panik," katanya.

Baca Juga: Tekan Laju Omicron, KSP: Syarat Perjalanan Luar Negeri untuk Tujuan Wisata Harus Diperketat

Meskipun demikian, Menkes menambahkan, hal yang perlu diperhatikan adalah penularan pada orang tua, sehingga masyarakat diminta untuk bisa menjaga keluarganya, khususnya orang tua agar tidak mudah terkonfirmasi Covid-19. "Masyarakat diminta untuk terus menerapkan prokes dan jika terkonfirmasi agar segera melakukan isolasi," ujarnya.

Selain itu, tambah Menkes, masyarakat jangan takut untuk rutin dites. Jika positif tidak apa-apa, biar bisa cepat ditangani. Terlebih, Pemda juga sudah menyiapkan tempat isolasi, namun jika memungkinkan isolasi di rumah, silahkan isolasi mandiri.

Terkait kegiatan vaksinasi, Menkes mengajak seluruh keluarga untuk divaksinasi. "Ini untuk meminimalisasi risiko dari terjangkitnya Covid-19," tuturnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x