Cakupan Vaksinasi di Indonesia Sudah Penuhi Target WHO Hingga Hari Ini, Simak Penjelasan Menkes

- 22 Desember 2021, 15:35 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin.* Cakupan vaksinasi dosis lengkap di Indonesia sudah penuhi target WHO hingga hari ini. Simak penjelasan Menkes.
Menkes Budi Gunadi Sadikin.* Cakupan vaksinasi dosis lengkap di Indonesia sudah penuhi target WHO hingga hari ini. Simak penjelasan Menkes. /Sekretariat Presiden

Literasi News - Cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia (dua dosis atau dosis lengkap) hingga hari ini Rabu 22 Desember 2021 sudah memenuhi target yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, hingga hari ini Rabu 22 Desember 2021, total masyarakat yang sudah mendapatkan suntikan dosis lengkap (fully vaccinated) mencapai 108.412.315 orang atau 52 persen.

"Artinya kita lebih cepat dari target yang ditetapkan WHO,” kata Menkes melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu 22 Desember 2021, dilansir Antara.

Disebutkan, WHO menargetkan cakupan vaksinasi di setiap negara sekurang-kurangnya mencapai 40 persen dari total populasi yang akan mendapatkan vaksinasi dosis lengkap pada akhir tahun 2021 ini.

Menurut Menkes, capaian vaksinasi itu tidak terlepas dari bantuan dan dukungan seluruh komponen bangsa di antaranya TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, BUMN, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, pihak swasta serta masyarakat.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tidak Panik Tapi Tetap Waspada

"Sejak pemerintah memulai vaksinasi pada Januari 2021 lalu, Kementerian Kesehatan terus mendapatkan support dan bantuan dari berbagai pihak. Kami ucapkan terima kasih, karena berkat usaha bersama, cakupan vaksinasi nasional berjalan sesuai yang kita harapkan," tuturnya.

Memulai vaksinasi pada pertengahan Januari lalu, Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi untuk 208,2 juta orang. Dari jumlah itu, sebanyak 154.593.449 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau 75 persen dari target, dan 108.412.315 masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau 52 persen dari target.

Untuk mempercepat perlindungan masyarakat Indonesia dari Covid-19, upaya vaksinasi juga diperluas menyasar anak usia 6-11 tahun secara bertahap. Pada tahap pertama vaksinasi anak berlangsung di 115 Kabupaten/Kota dari 19 provinsi.

Karena cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen, tutur Menkes, pemerintah secara resmi memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021 dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah