Varian Omicron Pertama Masuk Indonesia, Menkes: Papar Seorang Petugas Kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet

- 16 Desember 2021, 11:40 WIB
 Ilustrasi virus Omicron.* Varian baru Covid-19 Omicron untuk pertama kalinya masuk Indonesia. Virus itu mengenai petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet.
Ilustrasi virus Omicron.* Varian baru Covid-19 Omicron untuk pertama kalinya masuk Indonesia. Virus itu mengenai petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet. /PIXABAY/Alexandra_Koch

Literasi News - Varian baru Covid-19 Omicron untuk pertama kalinya masuk Indonesia. Virus itu menjangkit seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

Kabar itu dikonfirmasi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bahwa seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular varian baru Covid-19 Omicron.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan Covid-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis 16 Desember 2021 siang, dilansir Antara.

Menkes menjelaskan, awalnya terdapat tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR.

"Tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala. Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun dari tiga sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes Kemenkes, satu dari tiga sampel dilaporkan tertular Omicron," tuturnya.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Tidak Ke Luar Negeri, Menlu RI: 70 Negara Deteksi Masuknya Varian Omicron

Pasien tersebut berinisial N. Kemenkes telah mengambil sampel genom sekuensing N pada 8 Desember 2021 dan dikirim ke Gsaid. "Pada 10 Desember kami terima hasilnya," katanya.

Menkes menambahkan N beserta dua rekannya saat ini telah dinyatakan pulih dan telah kembali beraktivitas di Wisma Atlet. "Mereka bertiga sudah dites PCR kembali exit test dan hasilnya sudah negatif," katanya.

Menkes mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dengan temuan Omicron di Indonesia. Selain itu Budi juga meminta masyarakat taat pada protokol kesehatan, khususnya memakai masker dan menjaga jarak. "Jangan ke luar negeri kalau tidak ada urusan yang penting," katanya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah