Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Selatan Jawa Timur, Belasan Rumah di Jember Rusak

- 16 Desember 2021, 10:30 WIB
Dampak bencana gempa, membuat rumah di Desa Sabrang Jember rata dengan tanah.* Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur (Jatim), Kamis 16 Desember 2021.
Dampak bencana gempa, membuat rumah di Desa Sabrang Jember rata dengan tanah.* Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur (Jatim), Kamis 16 Desember 2021. /Portal Jember/ Angga Juli Setiawan.

Literasi News - Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Selatan Jawa Timur (Jatim), Kamis 16 Desember 2021.

Akibat gempa bumi tersebut, dilaporkan belasan rumah di Jember Jatim mengalami kerusakan. Ketika gempa terjadi, warga setempat sempat berhamburan menyelamatkan diri. Hingga berita ini disusun, belum ada kabar adanya korban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, belasan rumah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 5,1 pada Kamis 16 Desember 2021 pukul 06:01 WIB.

BMKG menyebutkan gempa bumi itu bermagnitudo 5,0 dengan episenter pada koordinat 8,55 derajat LS ; 113,48 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah barat daya Kota Jember pada kedalaman 26 kilometer.

"Beberapa rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, namun kami terus melakukan pendataan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, saat dihubungi Antara.

Baca Juga: Terjadi 267 Gempa Susulan di Laut Flores, BMKG Himbau Warga Tetap Waspada, BNPB Catat 346 Rumah Rusak

Disebutkan, data rumah warga yang mengalami kerusakan itu berasal dari laporan warga dan relawan yang turun ke lokasi terdampak gempa bumi.

"Gempa itu menyebabkan belasan rumah warga rusak ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Ambulu, Tempurejo, Silo, Puger, dan Kecamatan Wuluhan," katanya.

Menurut data BPBD Jember pada Kamis 16 Desember 2021 pukul 08:30 WIB tercatat kerusakan akibat gempa di Kecamatan Ambulu, yakni di Desa Ambulu satu rumah, Desa Sumberejo dua rumah, satu rumah di Desa Andongsari dan Desa Sabrang, serta satu pondok pesantren juga mengalami kerusakan.

Kemudian di Kecamatan Tempurejo tercatat satu rumah rusak di Desa Wonosari, satu rumah di Desa Pondokrejo, dan satu rumah di Desa Curahnongko, sedangkan di Kecamatan Silo terpantau kerusakan satu rumah di Desa Sidomulyo.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG BNPB Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x