Prakiraan Cuaca BMKG Kamis 9 Desember 2021, Waspada Hujan Lebat, Kilat dan Angin Kencang

- 9 Desember 2021, 10:12 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Berikut prakiraan cuaca BMKG hari ini Kamis 9 Desember 2021. Masyarakat agar waspada hujan lebat, kilat dan angin kencang.
Ilustrasi hujan lebat.* Berikut prakiraan cuaca BMKG hari ini Kamis 9 Desember 2021. Masyarakat agar waspada hujan lebat, kilat dan angin kencang. /PIXABAY/PublicDomainPictures/

Literasi News - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini Kamis 9 Desember 2021, masyarakat agar waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan laporan BMKG yang dilansir Antara, Kamis 9 Desember 2021, diprakirakan daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, antara lain di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, dan Gorontalo.

Potensi serupa juga terjadi antara lain di Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa sepekan sebelum Natal 2021 diprakirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas menengah hingga lebat hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

"Kemudian mulai Natal tanggal 25 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 prediksinya seluruh provinsi di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas lebat," tuturnya.

Baca Juga: [UPDATE] Kabar Empat Orang di Bekasi Terpapar Omicron Adalah Berita Tidak Benar Atau Hoaks, Ini Penjelasan KSP

Hingga awal 2022, menurut Dwikorita Karnawati, masyarakat Indonesia masih tetap harus waspada terhadap gelombang tinggi angin kencang, hujan angin disertai angin kencang dan petir ataupun gelombang tinggi.

"Sehingga, mohon tetap terus waspada adanya banjir, banjir bandang, banjir rob, longsor," ujarnya.

Disebutkan, saat ini situasi cuaca belum terbilang normal, dalam arti masih ada potensi peningkatan curah hujan di atas normal yang bisa mencapai 70 persen dan puncaknya pada Januari-Februari 2022.

"Peningkatan curah hujan diprediksi akan terus berlangsung, meskipun setelah Februari masih terjadi hujan dan diprediksi masih terjadi sampai bulan Maret 2022," ucapnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x