Sebanyak 13 Daerah di Jawa Barat Rawan Banjir, Dimana Saja? Berikut Catatan BMKG

- 27 November 2021, 15:33 WIB
Ilustrasi banjir.* BMKG: sebanyak 13 daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat dinyatakan rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang.
Ilustrasi banjir.* BMKG: sebanyak 13 daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat dinyatakan rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang. /Pixabay/Hans

Literasi News - Sebanyak 13 daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat dinyatakan rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang. Terutama pada saat turun hujan di akhir November 2021 ini.

Demikian disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, dalam keterangannya di Bandung, Sabtu 27 November 2021, seperti dilansir Antara.

Teguh Rahayu menjelaskan, potensi banjir itu berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak atau Impact-Based Forecast (IBF) dengan memperhitungkan potensi dampak yang akan terjadi akibat dari cuaca.

"Analisis dari kondisi atmosferik global hingga lokal menunjukkan adanya aktivitas pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat pada umumnya. Sehingga kejadian hujan di wilayah Jawa Barat mulai meningkat," ujarnya.

Baca Juga: ASN Wajib Batalkan Cuti Libur Natal dan Tahun Baru, Simak Penjelasan Kepala BKN

Sebanyak 13 wilayah yang rawan tersebut antara lain Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

Menurut prakiraannya, banjir di sejumlah kota atau kabupaten itu berpotensi terjadi mulai Sabtu 27 November 2021 ini. Sedangkan untuk Kabupaten Indramayu, banjir tersebut berpotensi terjadi mulai Minggu 28 November 2021.

Oleh karena itu, menurut Teguh Rahayu, pihaknya meminta sejumlah pihak terkait agar mengantisipasi sejumlah dampak terkait adanya potensi banjir di 13 wilayah kota atau kabupaten tersebut.

Selain banjir atau banjir bandang, tambah dia, bencana tanah longsor pun berpotensi terjadi pada musim hujan di akhir November 2021 ini.

Baca Juga: Prakiraan BMKG Hari Ini Sabtu 27 November 2021, Hujan di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah