Prokes dan Vaksinasi Tetap Menjadi Kunci Antisipasi Lonjakan Kasus Hadapi Masa Liburan Akhir Tahun

- 25 November 2021, 20:05 WIB
Prof Wiku Adisasmito menyebutkan prokes dan vaksinasi menjadi kunci untuk antisipasi lonjakan kasus menghadapi masa Liburan Akhir Tahun.
Prof Wiku Adisasmito menyebutkan prokes dan vaksinasi menjadi kunci untuk antisipasi lonjakan kasus menghadapi masa Liburan Akhir Tahun. /kominfo.go.id/

Literasi News - Menjaga protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi menjadi kunci sukses Indonesia dalam menghadapi masa Liburan Akhir Tahun tanpa adanya lonjakan kasus Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers "Perkembangan Penanganan Covid-19" yang diikuti Antara di Jakarta melalui Youtube BNPB Indonesia, Kamis 25 November 2021.

"Kunci kesuksesan kita menghadapi periode Natal dan tahun baru nanti ada dua, yaitu yang pertama kesadaran masyarakat untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak, serta tidak menunda-nunda untuk divaksin," kata Wiku Adisasmito.

Sedangkan kunci sukses kedua, menurut Wiku Adisasmito, adalah keseriusan pemerintah dalam pengawasan protokol kesehatan, dan distribusi vaksin di wilayah yang cakupannya masih rendah.

Baca Juga: Prokes Mulai Kendor Di Ruang Publik, Pakar Ingatkan Masyarakat Tetap Terapkan 5M dan Vaksinasi

Wiku Adisasmito menjelaskan, saat ini bisa dikatakan Indonesia dapat melakukan kegiatan masyarakat yang kembali normal dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun meskipun sudah menjadi kebijakan, penggunaan masker ini tidak sepenuhnya diawasi dengan baik.

"Karena nyatanya di beberapa tempat umum seperti terminal dan pasar rakyat masih banyak terjadi pelanggaran," ujarnya.

Oleh karena itu, kepatuhan protokol kesehatan harus diterapkan dan diawasi secara serius, dengan memastikan terdapat satgas di setiap tempat umum. "Sebab jika lengah, potensi terjadinya kenaikan kasus akan semakin besar," ujarnya.

Baca Juga: Empat Provinsi Ini Masih Rendah Cakupan Vaksinasi Covid-19, Satgas Minta Kepala Daerah Berkoordinasi

Selain itu cakupan vaksinasi dosis lengkap di Indonesia juga harus terus dikejar oleh pemerintah, karena saat ini masih kurang dari 50 persen.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x