BMKG: Waspadai Banjir Rob di Pesisir Utara Pulau Jawa

- 20 November 2021, 09:20 WIB
Banjir rob terjadi di Kota Pekalongan, sejak Senin 15 November 2021.* BMKG sampaikan peringatan akan potensi banjir pesisir atau rob pada kawasan pesisir utara Pulau Jawa. Simak penjelasannya.
Banjir rob terjadi di Kota Pekalongan, sejak Senin 15 November 2021.* BMKG sampaikan peringatan akan potensi banjir pesisir atau rob pada kawasan pesisir utara Pulau Jawa. Simak penjelasannya. /Foto : instagram/@bpbdkotapekalongan/

Literasi News - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan akan potensi banjir pesisir atau rob pada kawasan pesisir utara Pulau Jawa pada 18 hingga 25 November 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengingatkan agar masyarakat untuk bersiaga dan waspada terhadap kondisi banjir rob yang akan terjadi sekitar tanggal 18-25 November 2021 pada pagi hingga siang hari.

"Sedangkan potensi hujan lebat terjadi pada tanggal 19 - 23 November 2021 pada siang hingga sore hari," katanya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Prakiraan BMKG Hari Ini Sabtu 20 November 2021, Potensi Hujan Lebat, Kilat dan Angin Kencang

Baca Juga: Waspada Banjir dan Longsor, BNPB: Ancaman La Nina Bersamaan Puncak Curah Hujan

Sedangkan wilayah yang perlu diwaspadai berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut di daerah penyangga ekonomi pesisir utara Jawa di antaranya Tangerang, Jakarta, Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, dan Gresik.

Eko menjelaskan banjir rob merupakan fenomena yang pada umumnya sering terjadi khususnya di pesisir utara Jawa.

Meski demikian, adanya kondisi pasang maksimum pada fase bulan purnama dan bersamaan dengan kejadian curah hujan akan menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian banjir rob yang lebih signifikan.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x