Waspada Banjir dan Longsor, BNPB: Ancaman La Nina Bersamaan Puncak Curah Hujan

- 6 November 2021, 22:11 WIB
Ilustrasi hujan deras. BNPB meminta masyarakat agar mewaspadai potensi bencana banjir atau longsor.
Ilustrasi hujan deras. BNPB meminta masyarakat agar mewaspadai potensi bencana banjir atau longsor. /Alexander Popov/Unsplash/

Literasi News - Masyarakat agar terus mewaspadai potensi bencana banjir atau longsor. Kondisi itu akibat fenomena alam La Nina yang datang bersamaan dengan masa puncak curah hujan di Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, dalam konferensi pers secara daring yang diikuti Antara di Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Dia menjelaskan, La Nina masih akan berlangsung, puncaknya hingga Januari-Februari 2022. "Ini bersamaan dengan puncak curah hujan, sehingga akan membawa peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan di beberapa tempat di Indonesia," ujarnya.

Adanya kondisi tersebut, Abdul Muhari meminta masyarakat agar meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Salah satu cara untuk mengidentifikasi wilayah rawan bencana adalah dengan mengakses Dashboard InaRISK BNPB di laman inarisk.bnpb.go.id.

"Itu hampir seluruh informasi tentang kebencanaan ada di situ," katanya.

Baca Juga: UMKM Agar Mulai Terapkan Bisnis Hijau, Berikut Penjelasan Teten Masduki

Abdul Muhari mencontohkan berdasarkan data InaRISK, wilayah Kota Batu yang terdampak banjir bandang pada Kamis 4 November 2021, merupakan kawasan potensi longsor dengan tingkat risiko menengah-tinggi.

Sebagai upaya mencegah jatuhnya korban, menurut dia, BNPB selalu memberikan peringatan kepada masyarakat jika terjadi hujan deras yang berpotensi menyebabkan bencana banjir atau longsor.

"Kami mendapatkan informasi dari BMKG setiap hari tentang informasi cuaca. Tetapi tentu saja kita perlu tahu waktu yang tepat kapan harus mengevakuasi masyarakat pada kondisi hujan deras," ujarnya.

Baca Juga: UPDATE: 622 Pasien Sembuh Covid-19 Hari Ini Sabtu 6 November 2021, Tertinggi Disumbang DKI Jakarta

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x