Soal PPKM Level 3 Saat Libur Akhir Tahun, Berikut Pendapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

- 19 November 2021, 20:24 WIB
Soal PPKM Level 3 saat libur akhir tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut.
Soal PPKM Level 3 saat libur akhir tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut. /Dok. Humas Pemprov Jabar

Literasi News - Terkait kebijakan pemerintah pusat yang akan menerapkan PPKM level 3 untuk seluruh wilayah di Indonesia  pada masa libur akhir tahun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapatnya.

Menurut Ridwan Kamil, pemberlakuan tersebut sebagai upaya untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada masa libur akhir tahun (Natal 2021 dan Tahun Baru 2022).

Oleh karena itu, dia menjelaskan, Pemprov Jabar akan mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Sehingga momentum angka kasus Covid-19 yang sedang landai bisa terus dipertahankan.

"Jika itu keputusan dari pemerintah pusat, saya kira kita akan menyesuaikan, sehingga jumlah kerumunan, jumlah kegiatan selama libur akhir tahun itu bisa kita kendalikan lebih baik," kata Ridwan Kamil dalam siaran persnya di Bandung, seperti dilansir Antara Jumat 19 November 2021.

Baca Juga: Update Kasus Positif Covid-19 Hari Ini Jumat 19 November 2021, Bertambah 360 Orang dan Sembuh 516 Orang

Baca Juga: Pola Pendidikan Harus Berubah Seiring Zaman, Literasi Digital Berperan Penting

Menurut Ridwan Kamil, pandemi CovidD-19 masih belum berakhir. Meski saat ini, angka kasus dan keterisian tempat tidur di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) sudah mulai melandai.

"Yang penting Covid-19 yang sekarang sudah turun dan harus terus kita pertahankan. Jangan sampai kita euforia sehingga naik lagi di akhir tahun," katanya.

Namun, tutur Gubernur, seluruh pihak harus tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Karena menurutnya, dalam mengendalikan Covid-19 tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

"Pandemi Covid-19 mengajarkan tidak bisa hanya dikendalikan oleh satu daerah, tapi harus lintas daerah dan bersama-sama," ujar Ridwan Kamil.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x