Ini Analisis dan Pemutakhiran BMKG Terkait Gempa Bumi Tektonik 7,2 Magnitudo di Nias Barat

- 14 Mei 2021, 18:47 WIB
Ini Analisis dan Pemutakhiran Gempa Bumi Tektonik M 7,2 di Nias Barat
Ini Analisis dan Pemutakhiran Gempa Bumi Tektonik M 7,2 di Nias Barat /BMKG/

Literasi News - Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera berkekuatan M=7,2 selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,7. Kejadiannya, Jumat, 14 Mei 2021 pukul 13.33 WIB.

Episenter gempa terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
Bambang Setiyo Prayitno, M.Si. mengatakan Jenis dan Mekanisme Gempa merupakan jenis dangkal yang berada di zona outer-rise. Hal ini sesuai hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault).

Baca Juga: Nias Barat Diguncang Gempa Bumi 7,2 Magnitudo, BPBD: Masyarakat Panik Keluar Rumah

Guncangan gempa ini dirasakan di Gunung Sitoli, Kab. Nias III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Banda Aceh III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Aek Godang, Aceh Tengah II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini Tidak Berpotensi Tsunami.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 14 Mei 2021, Elsa Geram ia Merasa Andin Lebih Beruntung Darinya

Hingga hari Jumat, 14 Mei 2021 pukul 14.30 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 Kali (aftershock).

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x