Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Resmi Dibuka, Simak Jadwal, Syarat dan Ketentuannya

- 4 Mei 2023, 09:07 WIB
Ilustrasi kuliah. Kemendikbudristek resmi membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023.
Ilustrasi kuliah. Kemendikbudristek resmi membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023. /Pixabay.com/Gerd Altmann

Literasi News - Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 resmi dibuka oleh Kemendikbudristek. Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbudristek kepada siswa, insan kebudayaan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk dapat meraih gelar pada jenjang yang lebih tinggi.

Mendikbudristek Nadiem Makarim, menjelaskan bahwa selain jenjang S1 hingga S3 untuk pendidikan kesarjanaan dan keprofesian, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) juga tersedia untuk pendidikan nongelar.

"Pada tahun 2021, kami memberikan dukungan pendanaan untuk lebih dari 2.000 penerima beasiswa dan pada 2022 jumlahnya meningkat menjadi 4.000 penerima. Penerimanya meliputi pelajar berprestasi, pelaku budaya, guru, tenaga kependidikan, serta dosen yang mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri," katanya, seperti dilansir laman resmi Kemendikbudristek.

Baca Juga: Menpan RB dan Mendikbudristek Perkuat Sinergi Percepat Penerapan Layanan Digital Terpadu

Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), menurut Nadiem Makarim, diharapkan para penerima beasiswa dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya serta dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sebagai bekal mewujudkan cita-cita.

"Tunjukkan bahwa Anda adalah pembelajar sepanjang hayat yang selalu semangat belajar, berkarya, dan berkontribusi untuk Indonesia," kata Mendikbudristek.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan bahwa sejak tahun 2021 hingga 2022, BPI telah berhasil membiayai 6.236 penerima beasiswa yang sekarang sedang menjalankan studi di berbagai perguruan tinggi pada berbagai jenjang, baik di dalam maupun luar negeri.

Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut sebanyak 89,1 persen di antaranya menempuh studi di dalam negeri dan 10,9 persen menempuh studi di luar negeri.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x