Aksi Fordem UIN Bandung Soroti UKT Hingga Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

- 16 Maret 2023, 19:34 WIB
Aksi Fordem UIN Bandung Soroti UKT Hingga Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus.
Aksi Fordem UIN Bandung Soroti UKT Hingga Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus. /Dok Fordem

Literasi News - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Demokrasi Mahasiswa (Fordem) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Rektorat UIN Bandung, mereka mempertanyakan soal pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Fordem UIN Bandung menilai kategorisasi UKT yang dibebankan kepada mahasiswa seringkali tidak sesuai dengan latar belakang ekonomi keluarga mahasiswa apalagi ditengah kondisi ekonomi orangtua mahasiswa yang tidak bisa di prediksi setiap waktunya karena situasi krisis.

"Hal yang paling substansial adalah soal Uang
Kuliah Tunggal yang secara pengkategorian nya ini seringkali tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa," kata Ketua Fordem Jalaludin Iqbal kepada Literasinews.com Kamis, 16 Maret 2023.

Baca Juga: Tercatat 1,85 Juta Mahasiswa Lulus Kuliah Tahun 2022, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

"Apalagi ditambah kondisi ekonomi orangtua mahasiswa yang tidak bisa di prediksi setiap waktunya dan tentunya ini harus menjadi pertimbangan Rektorat UIN Bandung dibawah kepempinpinan Rektor Mahmud," kata Iqbal.

Menurut Iqbal sistem pembayarn UKT ini tidak sejalan dengan amanat UU bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara, tanpa memandang status ekonomi.

Selain itu Fordem UIN Bandung juga menyoroti terkait pengelolaan anggaran UKT yang tidak transparan oleh pihak kampus.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x