Indonesia Kekurangan 781 Ribu Guru, Menjadi Salah Satu Permasalahan Pendidikan di Tanah Air

- 14 Maret 2023, 17:13 WIB
Ilustrasi guru. Indonesia masih kekurangan 781 ribu guru berdasarkan data Kemendikbudristek pada tahun 2022.
Ilustrasi guru. Indonesia masih kekurangan 781 ribu guru berdasarkan data Kemendikbudristek pada tahun 2022. /Antara/Novrian Arbi/

Literasi News - Indonesia masih kekurangan 781 ribu guru berdasarkan data Kemendikbudristek pada tahun 2022.

Kurangnya ketersediaan guru di Indonesia menjadi salah satu permasalahan pendidikan di Tanah Air.

"Kurangnya ketersediaan guru saat ini, karena banyaknya guru yang akan pensiun," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani.

Hal itu Nunuk Suryani sampaikan di sela-sela pengukuhan 1.238 guru setelah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Gedung Teater Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang, Selasa 14 Maret 2023.

Baca Juga: Tercatat 1,85 Juta Mahasiswa Lulus Kuliah Tahun 2022, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

Berdasarkan data tahun 2022, menurut Nunuk Suryani, menunjukkan kekurangan guru di Indonesia mencapai 781 ribu. Untuk mengatasi kekosongan atau kekurangan guru tersebut dengan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Nunuk menjelaskan tentang isu strategis pembangunan pendidikan nasional yang harus diselesaikan, terutama terkait layanan pendidikan yang belum merata dan kualitas pendidikan yang masih rendah. Menurut data, ada 288 kecamatan di Indonesia yang tidak memiliki SMP dan 681 kecamatan yang tidak memiliki SMA.

Sementara itu, kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kompetensi guru yang masih rendah dengan sebaran yang belum merata, serta tidak tersedianya metode penilaian hasil belajar yang ajek.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x