Indonesia Membutuhkan Ribuan Dokter Spesialis, Ini Penjelasan Menteri Kesehatan

- 15 Desember 2022, 09:51 WIB
Ilustrasi dokter.* Menkes menyebutkan Indonesia membutuhkan ribuan dokter spesialis, terutama untuk di daerah-daerah dan di luar Pulau Jawa.
Ilustrasi dokter.* Menkes menyebutkan Indonesia membutuhkan ribuan dokter spesialis, terutama untuk di daerah-daerah dan di luar Pulau Jawa. /pexels / Павел Сорокин./

Literasi News - Indonesia membutuhkan ribuan dokter spesialis, terutama untuk di daerah-daerah dan di luar Pulau Jawa.

Hal itu terjadi karena jumlah dokter spesialis masih kurang dan tidak meratanya distribusi dokter spesialis ke seluruh fasyankes di Indonesia.

Dibutuhkannya ribuan dokter spesialis itu seperti disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, kemarin.

"Dokter spesialis kita kurangnya masih ribuan, terutama dokter-dokter di daerah-daerah, di luar Jawa," ujar dia di Gedung PBNU di Jakarta, Rabu.

Menkes mengakui bahwa krisis dokter spesialis ini tidak cukup mampu untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Kasus Gangguan Ginjal Akut di Indonesia Selesai Diatasi, Ini Penjelasan Menkes

Meskipun demikian, Menkes tidak menyebut secara rinci berapa kebutuhan dokter spesialis tersebut.

Dalam upaya pemenuhan kekurangan, Kemenkes melakukan sejumlah akselerasi seperti pemberian beasiswa bagi 2.500 dokter hingga keterjangkauan biaya pendidikan.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x