Tanggal 22 Oktober 2022 Memperingati Apa? Ada Hari Santri Nasional 2022 dan Latar Belakang Hari Santri

- 22 Oktober 2022, 09:12 WIB
Ilustrasi santri.* Tanggal 22 Oktober 2022 adalah Hari Santri Nasional dan menjadi hari yang membanggakan bagi para santri di Indonesia.
Ilustrasi santri.* Tanggal 22 Oktober 2022 adalah Hari Santri Nasional dan menjadi hari yang membanggakan bagi para santri di Indonesia. /PIXABAY/mufidpwt

Literasi News - Tepat pada 22 Oktober 2022 adalah Hari Santri Nasional dan menjadi hari yang membanggakan bagi para santri di Indonesia.

Lalu apa yang menjadi latar belakang penetapan Hari Santri Nasional akan dibahas dalam artikel ini. Ternyata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia santri adalah orang yang mendalami agama Islam, orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh dan orang yang saleh.

Kemudian makna santri ini sendiri tidak terlepas dengan istilah pondok pesantren. Pasalnya, para santri biasanya tinggal di sebuah pondok pesantren dan mereka akan mengikuti jadwal belajar serta ibadah yang telah disusun.

Kegiatan itu pun menjadi hal wajib yang dilaksanakan para santri dan mereka biasanya mengikuti pendidikan agama Islam pada pondok pesantren dalam kurun waktu yang ditentukan.

Selain itu, ilmu yang diajarkan tidak hanya berhubungan dengan ilmu agama saja, namun juga ilmu umum yang lainnya. Para santri pun bahkan dituntut agar dapat berkomunikasi dalam Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Santri Nasional 2022 Terbaik, Islami, dan Penuh Makna

Latar Belakang Penetapan Hari Santri Nasional

Seperti yang telah dijabarkan di atas tadi, Hari Santri Nasional jatuh atau diperingati setiap tanggal 22 Oktober dalam setiap tahunnya.

Kemudian, adanya peringatan Hari Santri Nasional ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x