Mengenal Seluk Beluk Akuntansi: Pengertian, Manfaat serta Jenisnya

- 16 Juni 2022, 16:33 WIB
Mengenal Seluk Beluk Akuntansi: Pengertian, Manfaat serta Jenisnya
Mengenal Seluk Beluk Akuntansi: Pengertian, Manfaat serta Jenisnya /avel chuklanov/unsplash

Literasi News - Apa yang dimaksud dengan akuntansi? Bagi beberapa orang sudah tahu dengan akuntansi. Tetapi berbeda bagi pemula yang belum mengerti jelas tentang akuntansi pasti bingung dan sering menemukan perbedaan untuk mempelajarinya loh. Dalam akuntansi ada Biaya dan Siklus yang harus kalian ketahui dan pelajari loh. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Akuntansi terjemahan kata accounting yang artinya menghitung. Secara luas, akuntansi yaitu proses yang berawal dengan mengelompokan, mencatat dan menyajikan data, mengolah dan catat transaksi keuangan.

Sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan,yang biasanya kita kenal dengan akuntan.

 Baca Juga: Jadwal Lanjutan Bulutangkis Indonesia Open 2022 di MNCTV Hari ini, Kamis 16 Juni 2022: Cek Jam Tayang Acara TV

Sebagai bahasa dalam bisnis hal ini dapat mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi serta menyampaikan informasi kepada pihak, investor, kreditor, regulator, dan manajemen.

Bagi sebagian orang, ilmu tersebut berkaitan dengan sistem hitung-menghitung, tapi faktanya tidak loh, akuntansi tidak sederhana itu.

Berbagai pengertian akuntansi menurut para ahli yang telah berkembang adalah seiring dengan banyaknya orang yang ingin mempelajarinya, dapat memberi berbagai kemudahan dalam melakukan kegiatan.

Charles Thomas Horngren & Walter T (2002) “Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas dalam bisnis, dan memproses data menjadi laporan lalu mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan”.

Menurut Committee on Terminology of the American Institute of Certified Public Accountants dalam buku Bastian dan Suhardjono (2006), “akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginterpretasikan hasil-hasilnya”.

Baca Juga: Janji Mendag Zulkifli Hasan Setelah Dilantik Presiden Jokowi, Ini Prioritasnya

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x