Sektor Pendidikan dan Ekonomi Harus Saling Melengkapi, Ini Kata Mendikbud Ristek Nadiem Makarim

- 30 November 2021, 11:53 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menilai  sektor pendidikan dan ekonomi harus saling melengkapi. Keterkaitan dua sektor itu sangat penting.
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menilai sektor pendidikan dan ekonomi harus saling melengkapi. Keterkaitan dua sektor itu sangat penting. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Sektor pendidikan dan ekonomi harus saling terkait dan melengkapi. Keterkaitan dua sektor itu sangat penting.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan berkualitas akan menghasilkan lulusan yang kreatif dan mampu mengolah sumber daya ekonomi yang menyejahterakan masyarakat. Begitupun masyarakat yang sejahtera mampu mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Demikian disampaikan oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) #AromaMaluku, di Ambon, Maluku, Senin 29 November 2021. Gernas BBI #AromaMaluku merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemendikbud Ristek untuk mendorong UMKM dan produk vokasi di Maluku.

Dalam kesempatan itu, Mendikbud Ristek tetap berkomitmen untuk terus menguatkan kerja sama antara satuan pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri yang telah dilaksanakan melalui Program SMK Pusat Keunggulan, Kampus Merdeka Vokasi, dan Kampus Merdeka.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek: Program KIHAJAR Beri Ruang Kemerdekaan Bagi Siswa dan Guru

Hal tersebut, menurut Mendikbud Ristek, sebagai bentuk inisiatif Gernas BBI #AromaMaluku yang mengedepankan sinergi sebagai upaya mewujudkan penguatan ekonomi yang merata dan berkelanjutan.

"Hasil dari kolaborasi ini sangat luar biasa. Melalui platform Kedaireka, kami mencatat total kontribusi industri proyek bersama kampus dan perusahaan sebesar lebih dari Rp 1,1 triliun. Kontribusi ini menguatkan ekosistem riset dalam lingkup pendidikan dan inovasi pelajar," ujar Nadiem Makarim.

Selain itu, Mendikbud Ristek mengingatkan, dengan hilangnya sekat pembatas perlu dibarengi dengan transformasi, seperti mampu memperkenalkan karya Maluku ke publik yang lebih luas melalui media e-commerce.

Baca Juga: Guru Diminta Siap Menghadapi Model Pembelajaran Bauran, Berikut Penjelasan Ketua Umum PGRI

Sementara terkait kegiatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbud Ristek.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x