Program Belajar Dari Rumah PAUD dan SD Mulai 1 April 2021 Tidak di TVRI Lagi. Simak Penjelasannya

- 30 Maret 2021, 11:45 WIB
Ilustrasi. Program Belajar Dari Rumah (BDR) untuk PAUD dan SD, Mulai 1 April 2021 di TV Edukasi Kemendikbud. Simak Penjelasannya
Ilustrasi. Program Belajar Dari Rumah (BDR) untuk PAUD dan SD, Mulai 1 April 2021 di TV Edukasi Kemendikbud. Simak Penjelasannya /Foto Istimewa PR

Literasi News - Mulai 1 April 2021, Program Belajar Dari Rumah (BDR) jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD) tidak di TVRI lagi, tetapi akan ditayangkan di TV Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala sejak penayangan di awal masa pandemi dan terakhir pada bulan Februari 2021, akhirnya ditetapkan peralihan medium penayangan program BDR.

Program BDR akan ditayangkan pada tanggal 1 April hingga 30 Juni 2021, melalui: (1) TV Edukasi Kemendikbud; (2) Kanal YouTube TV Edukasi; dan (3) Kanal YouTube Rumah Belajar.

Baca Juga: Isu Pertentangan Ideologi Partai Demokrat Berhembus, AHY Menyebut Itu Adalah Tuduhan Keji

Demikian dikatakan pelaksana tugas (plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Hendarman, di Jakarta, Sabtu 27 Maret 2021.

“Program BDR tidak dapat dilepaskan dari perkembangan situasi pandemi. Sehingga evaluasi terus dilakukan secara berkala terhadap program BDR di TVRI dan menjadi acuan penentuan kebijakan penayangan,” terangnya.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Kemendikbud, hasil evaluasi terkini didapatkan melalui metode survei dan diskusi kelompok terhadap lebih dari 6.200 pemangku kepentingan, termasuk yang berdomisili di daerah tertinggal.

Baca Juga: Shabri Lubis dan Empat Terdakwa Lain Akan Dihadirkan Dalam Sidang Lanjutan Habib Rizieq Shihab

Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum responden dan informan menganggap konten dan cara penyajian program BDR sudah relevan dan baik. Sebagian besar responden juga menganggap program BDR membantu guru menambah wawasan dalam mengajar dan membantu siswa memahami materi belajar.

Selain itu, hasil evaluasi juga memvalidasi terdapatnya perubahan pola perilaku di masa pandemi terkait media pembelajaran yang diminati. Jika sebelumnya pemangku kepentingan menyaksikan tayangan televisi (TV), sekarang cenderung beralih ke media sosial dan platform berbagi digital.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x