Ternyata Bukan Cuma Guru Honorer, yang Baru Lulus PT Kependidikan Juga Bisa Ikut Seleksi PPPK 2021

- 23 November 2020, 16:55 WIB
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin /Gambar: Tangkap Layar akun Youtube KEMENDIKBUD RI/Literasi News

Literasi News - Dalam Pengumuman Seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021, hari ini, Senin 23 November 2021, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa seleksi tersebut dibuka bagi para guru honorer, guru eks Tenaga Honorer Kelompok II (THK II), para lulusan perguruan tinggi (PT) kependidikan yang saat ini belum mengajar.

"Hari ini kita menyaksikan bersama pengumuman rencana proses seleksi untuk memenuhi tenaga pendidik yang semakin besar. Selain itu juga berkompetensi," sambut Wapres, mewakili Presiden RI Joko Widodo, dalam Pengumuman Seleksi Guru PPPK tahun 2021, melalui akun YouTube KEMENDIKBUD RI.

"Diharapkan ini menjadi proses awal dari penyelesaian status guru honorer di tanah air. Seleksi ini dibuka bagi semua guru honorer termasuk THK II dan para lulusan pendidikan yang saat ini belum mengajar," sambung Wapres.

Baca Juga: Simak yuk! Ini Ketentuan Untuk Mendapatkan Uang Puluhan Juta Bagi Peserta Prakerja

Dikatakan, berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, dijelaskan bahwa kompetensi guru menjadi kompetensi pedagodik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

"Kombinasi dari seluruh kompetensi ini mutlak diperlukan jika kita ingin menghasilkan peserta didik yang mandiri, bernalar kritis dan kreatif," katanya.

Terkait kebijakan seleksi guru PPPK tahun 2021 tersebut, kata Ma'ruf Amin, sejatinya negara membutuhkan SDM unggul sebagai prioritas nasional karena merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global.

Baca Juga: Bagi Kamu Peserta Prakerja Ingin Dapat Hadiah Puluhan Juta Rupiah? Yuk Ikuti Kompetisi Vlog

"SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan maslahat, memilik semangat berkompetensi. cinta tanah air, beriman bertaqwa, dan berakhlak mulai atau berakhlakulkarimah," tegasnya.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: KEMENDIKBUD RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x