Pasca Dugaan Kebocoran Data Pemerintah oleh Bjorka, Pemerintah Segera Membentuk Tim untuk Melakukan Asesmen

- 13 September 2022, 19:30 WIB
Pasca Dugaan Kebocoran Data oleh Serangan Bjorka, Pemerintah Segera Membentuk Tim untuk Melakukan Asesmen
Pasca Dugaan Kebocoran Data oleh Serangan Bjorka, Pemerintah Segera Membentuk Tim untuk Melakukan Asesmen /Instagram Sekretariat Kabinet/

Literasi News - Pemerintah segera membentuk tim untuk melakukan asesmen-asesmen dalam rangka menjaga kepercayaan publik. Langkah itu diambil sebagai tindaklanjut terkait dugaan kebocoran data milik tokoh publik oleh Bjorka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menuturkan pemerintah akan membentuk tim untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya dalam rangka menjaga kepercayaan publik.

Tim tersebut akan terdiri dari berbagai unsur, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Republik Indonesia, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-20 Di Kualifikasi Piala Asia U-20, Hadapi Timor Leste 14 September 2022

“Perlu ada emergency response tim yang terkait untuk menjaga tata kelola yang baik di Indonesia untuk menjaga juga kepercayaan publik. Jadi akan ada emergency response tim dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya,” tuturnya.

Selain itu, Menkominfo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangun kekuatan nasional dengan bekerja sama dan menjaga kekompakan, salah satunya dalam menghadapi bahaya di dalam ruang digital.

Dugaan kebocoran data milik tokoh publik telah dibahas Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Daftar 23 Pemain Timnas U-20 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20, STY dan Ketum PSSI Yakin Lolos Ke Final

Menkominfo dalam keterangannya menyampaikan Presiden Jokowi telah menginstruksikan jajaran terkait agar segera berkoordinasi dan menelaah lebih lanjut terkait dugaan kebocoran data tersebut.

Di rapat dibicarakan bahwa ada data-data yang beredar oleh Bjorka, tetapi setelah ditelaah sementara data-data itu sudah umum, bukan data-data spesifik dan bukan data-data yang ter-update sekarang, sebagian data-data yang lama.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x